-->

Cara Menyimpan data di Google Drive Dengan Mudah

Saat ini di Internet banyak sekali penyedia layanan untuk menyimpan data online gratis seperti usercloud, Dropbox, google Drive dll. Yang akan kita bahas di artikel kali ini adalah Cara Menyimpan data di Google Drive Dengan Mudah.
Google adalah perusahaan internet terbesar di dunia yang tentunya memberikan produk-produk yang berkualitas salah satunya media penyimpanan online gratis yaitu Google Drive.

Apa Itu Google Drive ?
Google Drive adalah layanan penyimpanan online yang dimiliki oleh google. Google Drive ini sebenarnya sudah lama diluncurkan yaitu sejak 24 April 2012 yang lalu. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs, jika sobat membuka google docs maka akan diredirect ke google drive.

Google Drive


Keuntungan Menggunakan Google Drive
Jika sobat memiliki sebuah data penting dan ingin mengamankan data-data tersebut salah satunya bisa menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan selain Harddisk atau Flashdisk. Karena kalo menggunakan flshdisk bisa saja flashdisk tersebut rusak atau hilang lantas apa yang terjadi ? tentunya akan merugikan sobat file di flashdisk tersebut jadi hilang.
Ada banyak sekali keuntungan yang kita dapat dari Google Drive meskipun kita tidak di bayar ketika mengupload atau mendowloadnya. Adapun beberapa keuntungan Google Drive diantaranya :
1. Penyimpanan Gratis Sebesar 15 GB
Tentu dengan penyimpanan gratis yang sebesar ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai file penting yang sobat punya seperti file musik, video, aplikasi dll. Jika sobat mempunyai blog download sangat cocok jika menggunakan Google Drive ini. Penyimpanan gratisnya sangatlah besar mungkin tidak akan habis jika kita gunakan. Namun apabila sobat masih kurang dengan 15 GB itu, sobat bisa menambahnya lagi dengan membayar ke Google, dengan rincian harga sebagai berikut.
  • 100 GB 1,99 USD / Bulan
  • 1 TB 9,99 USD/ Bulan
  • 10 TB 99,99 USD/ Bulan
  • 20 TB 199,99 USD/ Bulan
  • 30 TB 299.99 USD/ Bulan
Jika sobat mempunyai dana yang besar, sobat bisa membeli paket penyimpanan Google Drive seperti dalam daftar harga tersebut, tapi kalo ingin yang gratis penyimpanan 15 GB juga udah cukup untuk menyimpan file-file sobat.
2. Mendukung berbagai Ekstensi file.
Google Drive dapat mendukung berbagai format file seperti exe (format aplikasi), mp3, mp4 dll. Google Drive tidak memperhitungkan jenis filenya, semua format file dapat di terima di Google Drive.
3. Mudah diakses dan Dikaborasikan dengan orang lain
Google Drive sangat mudah di akses, jika sobat sudah menyimpan file di Google Drive maka file tersebut akan mudah dibagikan kepada orang lain. orang lain akan mudah mendownload file kita di google Drive, tanpa iklan, prosesnya juga mudah dan cepat.
4. Google Drive Sangatlah Aman
Seperti yang kita tahu, semua produk Google memang terbilang sangat aman, termasuk Google Drive. Tempat penyimpanan file anda akan tetap aman walaupun ada masalah dengn handphone, tablet, atau komputer dan laptop sobat. Ini disebabkan karena Google Drive telah dienkripsi menggunakan SSL, protokol keamanan yang juga digunakan untuk layanan Google lainnya.
5. Membuat Dokumen Bersama Orang Lain Di Google Drive
Google Drive memudahkan kita untuk membuat dokumen bersama orang lain contohnya seperti dkumen  presentasi, Dokumen tersebut bisa kita edit bersama orang yang kita tentukan.
6. Dapat Menyimpan lampiran Gmail
Jika sobat mendapat email yang berupa lampiran penting seperti file, foto dll maka file tersebut bisa langsung di simpan di Drive yang tentunya akan lebih aman.
Itulah beberapa keuntungan yang bisa sobat dapatkan jika menggunakan Google Drive.

Bagaimana cara menyimpan Data/ file di google Drive ?
Berikut ini adalah beberapa langkah cara menyimpan data/file di Google Drive
1. Langkah pertama buka link https://www.google.com/drive/ di tab baru browser soba, lalu klik kunjungi Google Drive

Klik Kunjungi Google Drive
 2. Selanjutnya sobat akan diarahkan untuk masuk ke akun google sobat, silakan login dengan alamat email dan password akun google sobat. Contohnya lihat seperti di gambar

Klik Kunjungi Google Drive

 Jika belum punya akun Google/Gmail silakan baca : Cara Membuat email Baru di Gmail
3. Setelah login berhasil, sobat akan diarahkan ke halaman Google Drive, silakan pilih Unggah File untuk menyimpan file sobat ke Google Drive.
Sebagai contoh saya akan mencoba unggah aplikasi smadav ke Google Drive.

Pilih Unggah File


 4. Setelah mengklik unggah file maka akan membuka pilihan berkas/file yang akan di unggah di komputer sobat, silakan pilih file yang akan sobat unggah misalnya Smadav, lalu klik Open

Pilihlah file dari komputer


 5. Setelah itu akan terjadi proses unggah file, silakan tunggu beberapa saat sampai file tersebut selesai di unggah.

Proses unggah file

6. Setelah berhasil terunggah, maka akan terlihat file yang tersimpan di Google Drive, selamat ! sampai disini sobat sudah berhasil menyimpan file di Google Drive.
lihat seperti di gambar.


File Terlihat setelah unggahan selesai

7. Jika sobat ingin mendapatkan link download dari file tersebut, misalnya sobat ingin menshare file tersebut ke blog atau media sosial supaya dapat di download orang lain, caranya klik file lalu klik simbol tautan, maka akan muncul link download dari file tersebut. silakan copy url link dan tempel/paste dimana sobat akan menshare file tersebut.
lebih jelasnya lihat seperti gambar di bawah ini :


silakan copy link file tersebut

Demikianlah artikel mengenai Cara Menyimpan data di Google Drive Dengan Mudah semoga dapat membantu bagi sobat yang ingin menyimpan data/filenya di Google Drive. Terimakasih telah berkunjung ke Blog kami.
Salam sukses selalu :)

Baca juga : 12 Produk Google Yang Paling Populer dan Sangat Bermanfaat

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email
Copyright © | by: Me